Rabu, 14 Juni 2017

More Careful, More Cheerful

Ini cerita waktu saya di Thailand bulan Mei lalu. Saat di hotel sekitar jam 11 waktu Thailand saya dan temen sekamar saya merasa lapar. Padahal baru makan sekitar jam 6, selanjutnya dilanjut untuk belanja (sepertinya itu yang bikin laper). Untungnya di deker Hotel ada mini market, jadi kita akhirnya kesana untuk cari makanan.
Sampai disana ada banyak pilihan makanan-makanan instan dengan limit tulisan Bahas Inggrisnya. Tulisan Bahasa Inggrisnya cuma tertera di nama makanannya aja. Saya agak ragu tuh untuk beli makanan itu, karena saya Muslim jadi takut makanan itu ga Halal nantinya, takut juga makanan itu mengandung pork, ham dsb. Saya muter-muter mini market itu buat  cari makanan yang kiranya halal dan bisa ganjel perut tapi gaada. Akhirnya saya balik lagi ke rak makanan instan dan pilih satu yang ada tulisan 'Chickennya'. Temen saya udah pilih duluan, dan saya ga sempet tuh liat menunya dia.

Pas dikasir mbaknya kayak bingung gitu pas mau nge microwave makannanya. Karena miss comunication - mbaknya ga bisa ngomong English, kita ga ngerti bahasa Thai, akhirnya si mbanya pasrah. Saya udah mulai curiga takutnya ada yang aneh-aneh. Saya tanya ke temen saya dia beli apa tapi katanya itu Ayam. Oke jadi gaada masalah kan seharusnya.

Pas keluar temen saya tanya lain ke si dia yang beli makanan instan itu. Ternyata yang dia beli itu donkatsu, katsu yang mengandung daging babi dan untungnya makanan itu belom ke makan, Akhirnya saking kelaperannya temen saya jadi dia beli lagi yang lain, makanan yang tadi ga dimakan karena ga halal kan. Gara-gara ini, saya sama temen saya kalo mau jajan lebih hati-hati, karena kita muslim jadi ga bisa asal makan. Resiko jalan di negara lain yang penduduk muslimnya ga banyak, kita harus hati-hati saat beli makanan. Harus browsing-browsing sebelumnya nama-nama produk yang mengandung pork, ham, dsb. atau kandungan-kandungan dari makanan itu. Kalau sudah lebih hati-hati, kita gausah khawatir lagi pas cari-cari makanan. More Careful never makes you suffer, right? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar